Apa Itu Profit Copywriting??

Ini adalah formula iklan yang sering kami pakai ketika menjual sesuatu. 
Dengan teknik itu, maka iklannya jadi mempengaruhi, meyakinkan dan menjual. 

Kami sebut tekniknya dengan profit copywriting, karena memang tekniknya bikin profit alias untung, hehe. 😁

Lantas bagaimana tekniknya? 
Bagaimana cara membuat iklan yang mendatangkan profit? 

Jadi teknik ini terdiri dari 4 bagian.
*Outset
*Value
*Convicting
*Action

Saat menulis iklan, yang perlu teman-teman lakukan hanya mengikuti formulanya secara berurutan. 
Tulis outset dulu, kemudian value, setelah itu conviction, terakhir action. 

Jangan sampai salah urutan ya, hehe 😁

Nah, apa pengertian dari masing-masing bagian ini?

Pertama adalah outset
Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, outset artinya adalah awal. 
Nah dalam teknik ini, yang dimaksud outset artinya adalah kalimat pembuka alias susunan kalimat yang ada diawal-awal iklan. 

Jadi, jika teman-teman ingin iklannya menghasilkan penjualan, maka jangan tulis kalimat pembuka iklan secara sembarangan. 

Kalimat pembuka iklan, punya peran yang penting banget. 

Tugas outset adalah untuk membuat pembaca iklan masuk ke kondisi 
TRANCE

Apa itu trance? 

Trance adalah kondisi alami dimana perhatian seseorang terserap pada aktivitas yang dikerjakannya dan cenderung mengabaikan lingkungan sekitar.
Kalau dihubungkan dengan iklan, maka trance adalah kondisi dimana pembaca fokus dan memberikan perhatian penuh kepada apa yang dia baca. 

Ya, kalimat-kalimat pembuka iklan, punya tujuan membuat pembacanya fokus ke iklan kita. 

Kalau kalimat pembuka gak bisa membuat pembacanya fokus, maka iklan kita akan cenderung diabaikan, penwarannya akan ditolak, dan hasilnya tidak akan maksimal. 

Jadi jelas ya tentang outset ini? 
Yaitu kalimat pembuka iklan, yang tujuannya membuat pembaca iklannya jadi fokus. 
😊

Selanjutnya Value.

Value adalah bagian kedua, dari teknik Profit Copywriting. 

Setelah membuat pembacanya fokus, barulah kita menawarkan produk kita.

Sama seperti outset, cara menulis value juga gak bisa sembarangan. 

Nah bagian value pada teknik ini, tugasnya adalah membuat calon pembeli PAHAM, KEMUDIAN TERTARIK dengan yang teman-teman tawarkan. 

Tapi dalam iklan, terkadang membuat calon pembeli paham saja tidak cukup. 

Karena itu kita butuh bagian ketiga, Yaitu Convicting. 

Conviting artinya adalah meyakinkan pembaca dengan apa yang teman-teman tawarkan. 

Ya, dorong pembaca iklannya teman-teman agar TIDAK MENUNDA memiliki produknya. 😁

Dengan adanya bagian ini, maka hasil penjualan akan jadi lebih besar. 👍

Setelah itu, tutup iklan dengan action

Arahkan pembacanya untuk melakukan sesuatu. 

Ya, beritahu mereka harus apa, harus melakukan apa. 
Apakah beli?
Apakah balas pesan?
Apakah tinggalkan komen?
Apakah klik link? 
Atau apa? 

Intinya, kita ingin setelah baca iklan calon pembeli melakukan sesuatu. 
Benar kan? 

Kita gak ingin iklan kita cuma dibaca aja. 
Kita gak ingin iklan kita cuma dilewatkan gitu aja. 

Karena itu, tutup iklannya dengan mengarahkan pembaca melakukan sesuatu. 

Sip? 

Begitu ya teman-teman formula nulis iklan yang menghasilkan konversi ini. 
Tulis outset, lalu value, kemudian convicting, setelah itu action. 

Lantas bagaimana cara menulis bagian-bagian ini? 

Saya akan berikan tipsnya ya. 😊

pertama tips nulis outset. 
Pakai teknik Yes Set

Jadi kita membuka iklan kita dengan sesuatu yang membuat pembaca mengangguk setuju. 

Sesuatu itu bisa pertanyaan, bisa pernyataan. 

Kalau pertanyaan, maka buka iklan teman-teman dengan  pertanyaan yang mutlak jawabannya “YA”.

Tipsnya, buatlah pembaca mengatakan “YA” minimal 3 kali.
Ketika mereka menjawab “YA” berkali-kali itu namanya adalah Yes Set.

Dan ketika kondisi yes set terjadi, maka orang itu jadi fokus dengan iklan teman-teman. 😁

Supaya teman-teman lebih kebayang penerapannya, ini Saya berikan contoh ya. 

Contoh Teknik Yes Set Pertanyaan : 

Sebelum Anda mendapat informasi bermanfaat dari pesan ini, silahkan jawab dulu beberapa pertanyaan berikut secara jujur.
-  Apakah Anda ingin memiliki penghasilan lebih banyak dari yang Anda miliki saat ini?
-  Apakah Anda ingin merasa aman secara keuangan?
-  Apakah Anda ingin hidup tenang tanpa harus merasakan kondisi ekonomi yang mepet saat akhir bulan?

Nah, kira-kira apa jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas? 
Jawabannya adalah "YA" berkali-kali, hehe. 

Lakukan ini di iklan teman-teman.
Buka iklannya dengan buat pembaca setuju berkali-kali dengan pertanyaan teman-teman. 😊

 Selain pertanyaan, kita bisa juga membuat pembaca nyeplos "YA" dengan pernyataan Yes Set. 

Caranya begini, jadi di awal iklan berikanlah statement atau pernyataan yang membuat pembaca mengangguk setuju.

Jika semakin banyak statement yang membuat pembaca setuju, maka nantinya teman-teman akan mudah memberikan informasi tambahan kepada mereka.

Nah, saat melakukan ini, tips dari Saya adalah hati-hati, karena bisa saja statement kita berlawanan dengan kondisi pembaca.

Karena itu teman-teman bisa menambahkan kalimat “mungkin” didepan pernyataan.

Saya langsung masuk contoh ya. 

Contoh Teknik Yes Set Pernyataan
Sebagai perempuan, mungkin kamu ingin tahu tips praktis merawat wajah agar terlihat lebih cerah, halus, dan bersih.

Contoh lain 
Adalah wajar jika orang tua ingin anak yang disayang tumbuh soleh, berprestasi, dan membanggakan.

Jadi jika ingin teknik ini berhasil, maka kita harus membuat pembaca setuju dengan kalimat kita. 

Agar bisa seperti itu, jangan menduga-duga ya.
Tapi bayangkan teman-teman menjadi target pasar, bayangkan teman-teman merasakan masalah yang mereka alami, serta bayangkan betapa teman-teman ingin keluar dari masalah tersebut.

Dengan cara disosiasi ini, maka teman-teman bisa memberikan pertanyaan dan pernyataan yang lebih akurat. 😊

Sekarang kita masuk tips nulis Value. 

Jadi teman-teman, kita harus paham bahwa satu kunci sukses dalam menjual sesuatu adalah transfer pemahaman.

Pada dasarnya, orang lain tidak akan paham manfaat produk kita, sampai kita menjelaskan kepada mereka. 

Karena itu, sampaikan manfaat produk sejelas-jelasnya kepada target pasar lewat iklan kita.

Caranya gimana? 

Saat teman-teman memperkenalkan produk kepada target pasarnya, pakailah 3 rumus ini
👇👇👇

✅ Tuliskan bagaimana produk/jasa teman-teman menyelesaikan masalah target pasar.
✅ Tuliskan bagaimana produk/jasa teman-teman memberikan apa yang target pasar inginkan.
✅ Tuliskan apa perbedaan yang akan target pasar rasakan setelah memiliki produk atau menggunakan jasa teman-teman.

Begitu ya. 😊
Nah setelah menuliskan itu didalam iklan teman-teman, maka buat balon pembeli menganggap produk yang ditawarkan berkualitas tinggi

Salah satu yang membuat orang lain mau membeli sebuah produk adalah karena kualitasnya. 
Kalau produknya berkualitas, maka orang-orang semakin tertarik. Kalau produknya tidak berkualitas, maka orang-orang kurang tertarik. 

Karena itu, untuk membuat target pasar tertarik dengan apa yang kita tawarkan, maka yang perlu kita lakukan adalah membuat mereka mengerti kualitas dari produknya. 

Caranya : 
Dalam iklan gunakan imbuhan kata “Ter-“ atau “Paling-“

Contohnya : 
✅ Tools ini adalah cara tercepat mengirim pesan WhatsApp ke ribuan orang sekaligus.
✅ Kami selalu memastikan kalau bahan makanan yang digunakan di restoran kami adalah bahan-bahan terbaik.
✅ Cara termudah tambah penghasilan adalah dengan menjadi Agen entrepreneurID karena produknya sudah disiapkan dan cara jualannya juga diajarkan.
✅ Ini adalah Krim Malam dengan kanduan paling lengkap karena ada antioksidan untuk menangkal radikal bebas, retinol untuk menghilangkan noda gelap dan memperbaiki kulit yang kasar, serta Alpha Hydroxy Acid untuk memperbaiki kolagen yang mencegah penuaan kulit.

Ketika mendapatkan sebuah penawaran, otak manusia cenderung membanding-bandingkan dan mencari pilihan terbaik.
Nah dengan teknik iklan barusan, maka kita bisa membuat orang lain menganggap bahwa produk kita adalah produk yang kualitasnya tinggi dan mempebesar kemungkinan untuk memilih produk kita, hehe. 😁

Sekarang kita akan masuk ke bagian 3 teknik menulis Convicting. 

Bagaimana cara meyakinkan pembaca iklan agar segera action tanpa menunda-nunda? 

Yaitu yakinkan mereka dengan memberikan Bukti

Kalau ada buktinya, maka calon pembeli akan semakin yakin dengan penawaran kita. 

Jadi tuliskan bukti-bukti nyata dalam iklan kita, seperti jumlah pemesan, jumlah konsumen yang puas, testimoni konsumen, dan sejenisnya. 

Contohnya :
✅ Tahukah anda bahwa sebanyak 500 orang sudah resmi memesan buku ini disejak hari pertama, itu artinya pebisnis sebanyak ini sadar bahwa skill fb ads itu sangat penting untuk bisnis mereka.
✅ Karena beauty cream ini best Seller, takutnya stocknya cepet habis kalau gak cepat-cepat dipesan.
✅ Mereka yang mengikuti kursus online kamir rata-rata puas, seperti kata Pak Zainal “Terimakasih entrepreneurID, sebelum Saya menerapkan ilmunya, bisnis Saya sudah mencapai angka puluhan juta perbulan, tapi lewat sini, sekarang bisnis Saya ada diangka ratusan juta, Saya doakan semoga entrepreneurID terus Jaya”.

Selain bukti, teman-teman juga bisa meyakinkan calon pembeli dengan memberikan batasan yang jelas. 

Jadi produk yang sama, dijual dengan batasan dan tanpa batasan, itu larisnya beda. 

Kalau ada batasan yang jelas, maka pembaca akan tergerak untuk action lebih cepat. 

Contohnya 
✅ Kapan lagi? bisa dapat paket lightning series selengkap ini selain disini?
✅ Promo potongan harga 70hanya sampai Kamis, setelah itu promo akan ditutup, dan tidak akan diulang lagi sampai kapanpun.

Itulah cara untuk memperbesar keinginan pembaca, agar tidak menunda-nunda membeli produk teman-teman. 

Berikan bukti atau berikan batasan 
Mudah kan? 😊

Sekarang kita bahas bagian yang terakhir. 
Teknik untuk mengarahkan pembaca melakukan sesuatu. 

Dibagian ini, teman-teman bisa gunakan kata permisif. 

Kata permisif artinya adalah kata yang bersifat memberi izin.
Gunakan kata-kata permisif agar tidak terkesan menyuruh-nyuruh pembaca.

Dengan cara seperti ini, maka iklan jadi lebih halus.

Contoh kata permisif : Bisa, Boleh, Silahkan

Contoh frasa :
✅ Anda boleh daftar sekarang lewat link ini.
✅ Anda bisa balas pesan ini dengan “Saya Order  ya”.

Kata permisif ini akan lebih mudah diterima pembaca karena gak ada orang yang suka disuruh-suruh 😂

Nah itulah teman-teman cara mengarahkan pembaca iklan. 😁👍

Jadi, jika teman-teman ingin iklannya mempengaruhi, meyakinkan dan menjual. 
Maka silahkan pakai teknik profit copywriting ini. 

Buka dengan Outset.
Buat pembaca jadi fokus ke iklannya. 
Caranya adalah pakai pertanyaan Yes Set atau pernyataan Yes Set. 

Setelah itu tulis Value. 
Jelaskan bagaimana produknya teman-teman bermanfaat untuk pembelinya. 
Lalu tinggalkan kesan bahwa produknya teman-teman adalah produk berkualitas tinggi 

Kemudian Convicting. Yakinkan calon pembeli.
Dengan memberikan bukti atau batasan yang jelas 

Lalu tutup dengan Action. 
Arahkan pembaca melakukan sesuatu dengan kata permisif. Agar pembaca tidak terkesan disuruh-suruh

Nah, untuk membuat teman-teman makin jelas dengan tekniknya, maka Saya akan berikan 3 contoh iklan ya. 😉

 Contoh 1 👇

Yang namanya make up sudah tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari seorang wanita. Iya kan?

Dan salah satu yang mungkin kamu butuhkan adalah Base Make Up dengan tekstur yang ringan sehingga tidak menyumbat pori penyebab jerawat.

Karena itu perkenalkan FINE & FAIRNESS CREAM dari LUV COSMETICS

Untuk membantu menyempurnakan riasanmu, cream ini sangat lembut sehingga mudah diblend secara merata pada wajah menggunakan jari ataupun beauty blender.
Disamping mempercantik, base cream ini akan mencover warna kulit yang tidak merata, flek hitam dan lingkar gelap disekitar mata dengan matte finished yang mampu bertahan hingga 12 jam.

FF Cream ini base make up terbaik karena hasil riasannya tampak flawles dan glowing shade warna cerah natural. 😁

Oh ya, karena beauty cream ini best Seller, takutnya stocknya cepet habis kalau gak cepat-cepat dipesan.

Untuk pemesanan, silahkan langsung WA ke 0800-0505-1616

Contoh 2 👇

Cara Meningkatkan Hasil Penjualan di Bisnis Anda

Mungkin saat ini ada yang belum puas dengan hasil penjualannya, sulit dapat orderan, dan promosinya sepi pembeli.

Jika ada yang punya masalah itu, maka bisa dapat solusinya di Kelas Online Copywriting.

Kelas Online Copywriting adalah tempat belajar nulis iklan full bimbingan yang berlangsung selama 3 minggu.
Yang membuat kelas online ini spesial adalah karena pesertanya gak cuma belajar aja.
Tapi kalau ikut, otomatis dapat bimbingan, bebas tanya jawab, tips rahasia, akses grup esklusif, printable worksheet, sesi praktikum, koreksi dan pembahasan.

Faktanya, salah satu penyebab jualan bermasalah karena iklannya bermasalah._
Dan sudah terbukti, banyak banget bisnis yang angka penjualannya berubah semakin baik, karena mengubah iklan mereka.

Karena itu, ikutan Kelas Online Copywriting adalah cara tercepat untuk mengubah penjualan dibisnis Anda.

Apalagi kelas ini sudah diikuti oleh 4.293 orang.
Dan mereka telah mendapatkan manfaat nyata dari belajar disini. ❤️

Lalu gimana cara ikutnya?

Yang ingin merasakan bimbingan 3 minggu dan segudang manfaat ikut kelas ini, boleh langsung ikutan disini ya kelasonlinecopywriting.com
😊
Contoh 3 👇

Bagaimana turun 10 kg dalam sebulan tanpa diet ketat

Mungkin Anda pernah atau sedang merasakan ini
- Berat badan diatas rata-rata sehingga sulit aktivitas.
- Mudah naik beratnya, tapi susah nuruninnya
- Mau diet tapi gak tau cara benarnya

Kalau kelebihan berat badan tuh emang gak enak.
Susah cari pakaian yang pas, rentan sakit, dan otomatis jadi gak pede.

Karena itu, bagi yang punya masalah kelebihan berat badan, salah satu solusinya tuh Pil Body Slim

Ini rahasia banyak orang turun berat badan dengan mudah dan cepat

Pil ini bisa menurunkan berat badan sampai 10 kg dalam 1 bulan

Bisa dikatakan, ini adalah cara turun berat badan dengan cara termudah.

Faktanya, produk ini lagi laris banget
Pengiriman perhari saja bisa sampai 400 box.

Ditambah lagi, karena terbuat dari bahan alami jadi ini aman tanpa efek samping.
Buktinya bisa cek sendiri testimoni-testimoninya.

"Saya kaget, padahal pola makan Saya sama, tapi bulan ini berat badan turun 7 kilo" - Pak Arif

"Sebenarnya sudah pasrah sama berat badan setelah melahirkan, sampai akhirnya ketemu Body Slim. Cuma konsumsi ini tiap hari, sekarang baju-baju yang dulu muat lagi lho" - Ibu Lina

"Ini rahasiaku, pil Body Slim membantu jaga berat badan selama berkarir jadi model" - Kak Tari

Mau juga turun berat badannya sekarang?

Untuk info lengkap dan pemesanan fast respon boleh langsung balas pesan ini ya

Nah begitulah cara nulis iklan yang mempengaruhi, meyakinkan dan menjual ya teman-teman. 
Gimana praktis kan teman-teman? 🤗

Semoga dari materi dan contoh yang Saya berikan, teman-teman dapat sesuatu ya. 
Aamiin. 

Intinya terus berlatih ya sampai mahir. 
Karena kunci nulis iklan itu gak cuma paham teori aja, tapi harus dibarengi dengan praktik juga. 


 Saya ingin ingatkan teman-teman bahwa tugas kita sebagai manusia adalah niat, usaha, doa dan tawaqal.

Jadi, 
Jangan pesimis, 
Jangan berhenti usaha, 
Jangan stop berdoa, 
Jaga prasangka baik ke Allah. 

Semua ahli, dulunya adalah pemula. 
Semua jago, dulunya juga gak bisa apa-apa. 
Jadi jangan terpengaruh dengan kondisi kita. 

Kalau lagi diatas, maka tetap rendah hati.
Kalau lagi dibawah, maka tetap gerak. 

Yakinlah bahwa semua yang terjadi dalam hidup kita adalah hal baik.
Ini adalah proses agar kita jadi matang. 😌

Allah sudah mampukan banyak orang. 
Bisa jadi yang berikutnya adalah kita.

Aamiin.
😉

Penulis: Rahman Dari Tim EntrepreneurID

0 Response to "Apa Itu Profit Copywriting??"

Posting Komentar