Yang Perlu diperhatikan Saat Memilih Jasa Ekspedisi


Kini jasa pengiriman barang sudah semakin berkembang pesat seiring peningkatan e-commerce atau pasar online di Indonesia.
Ya, peningkatan jumlah e-commerce dipengaruhi oleh banyaknya masyarakat yang beralih untuk berbelanja secara online. 

Dari berbagai jasa ekspedisi yang sudah ada, terkadang membuat Anda bingung untuk memilih yang terbaik.
Oleh karenanya, Anda  perlu mengetahui beberapa poin ini sebelum memilih jasa ekspedisi.

1.  Jaminan Keamanan Barang
Perhatikan adanya jaminan yang diberikan penyedia jasa mengenai keamanan barang selama dalam perjalanan. Ekspedisi yang baik biasanya menyediakan jaminan seperti asuransi untuk mengganti kerugian jika sesuatu terjadi pada barang yang dikirim.

Dengan adanya asuransi atau jaminan keamanan, Anda tidak akan terlalu khawatir jika barang berharga yang dikirim tersebut rusak atau hilang.


2. Estimasi Pengiriman Barang yang Tepat Waktu
Sebuah perusahaan ekspedisi yang profesional tentu bisa mengirimkan barang sesuai waktu yang dijanjikan. Inilah mengapa pentingnya untuk memilih jasa pengiriman yang menawarkan estimasi pengiriman barang tepat waktu. Di mana kecepatan pengiriman menjadi tanggung jawab perusahaan sebagai wujud pelayanan terbaik bagi pelanggannya.

Biasanya, jasa pengiriman paket yang terpercaya dan berpengalaman telah memiliki standar pengiriman yang baik.


3. Standar Ongkos Kirim yang Jelas
Harga menjadi bahan pertimbangan selanjutnya untuk bisa menemukan jasa pengiriman yang terbaik. Kini banyak perusahaan jasa ekspedisi yang menawarkan beragam tarif murah.
Tetapi masalahnya, apakah harga murah yang ditawarkan tersebut akan sebanding dengan pelayanannya?

Dalam hal ini, Anda harus bijak dalam menentukan. Pastikan jasa ekspedisi tersebut memiliki ongkos kirim yang jelas dan terpecaya.  Jasa ekspedisi yang profesional bisa memberikan informasi detail biaya pengiriman langsung dari website resminya. Hal ini tentu menjadi nilai plus, karena sangat membantu Anda untuk menghitung ongkos kirim.

4. Memiliki Rute dan Jangkauan Luas
Sudah seharusnya perusahaan jasa ekspedisi memiliki rute dan jangkauan pengiriman yang lebih luas dan lengkap. Semakin lengkap dan luas layanannya, hal itu akan memengaruhi kualitas jasa ekspedisi tersebut.

Namun sayangnya, tidak semua perusahaan ekspedisi barang bisa menguasai rute yang akan dipilih.  Biasanya mereka akan diberikan batasan-batasan tertentu untuk bisa melakukan pengiriman.
Inilah mengapa harus mempertimbangkan perusahaan yang memang sudah memiliki spesialis rute. Dengan cara tersebut, maka barang yang akan dikirimkan tersebut bisa sampai ke tempat tujuan dengan tepat waktu.


5. Tersedia Fitur Tracking
Seiring perkembangan teknologi, pengiriman barang juga semakin mudah dan efektif. Ya, salah satunya melalui fasilitas track and trace atau pelacakan. Dalam pengiriman barang yang membutuhkan waktu berhari-hari, maka Anda akan membutuhkan fitur tracking.

Dengan fitur ini, bahwa barang yang dikirim telah benar-benar dalam proses perjalanan dan mengetahui di mana posisi barang pesanannya berada. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi pengiriman ke menu pelacakan yang tertera di website. Kemudian Anda bisa memantau keberadaan paket dengan detail mengenai informasi yang disediakan jasa ekspedisi.


6. Pilihan Pengiriman yang Beragam
Sebagai pedagang online, tentu Anda paham ada saja pelanggan yang rela membayar lebih mahal agar barang pesanannya cepat sampai dengan jasa pengiriman ekspres. Walaupun banyak juga yang memilih jasa pengiriman reguler dengan biaya pengiriman yang lebih murah.

Maka untuk mengakomodasi keinginan pelanggan yang sangat beragam, Anda harus memilih jasa pengiriman yang memiliki paket paling lengkap dan sesuai dengan kebutuhan. 
Dengan banyaknya pilihan durasi pengiriman, akan semakin mudah Anda dalam menentukan pilihan pengiriman. Bukan hanya Anda, pelanggan juga akan merasa terbantu dengan banyaknya variasi paket pengiriman. Ini berkaitan dengan budget yang dimiliki oleh pelanggan Anda.

Bagaimanapun, jasa pengiriman memiliki peran yang penting untuk bisnis online. Dengan tips memilih jasa pengiriman barang ini, Anda dapat memilih jasa pengiriman yang tepat. Pastikan memilih jalur pengiriman ekspedisi yang paling menguntungkan, baik dalam segi ongkir, kualitas maupun estimasi waktu.


Pesan Ini dipersembahkan oleh,
Muslim Entrepreneur University melalui Agen Usamah Khalid

0 Response to "Yang Perlu diperhatikan Saat Memilih Jasa Ekspedisi"

Posting Komentar