Gimana Ya Kalau Konsumen Minta Diskon?

Dalam berjualan, harga menjadi salah satu patokan penting sebagai acuan utama untuk negosiasi. Dalam sistem jual beli kita mengenal dua cara menentukan harga yaitu harga tetap dan harga fleksibel. 

Ketika seorang pengusaha mematok harga fleksibel maka dia harus siap untuk melakukan kegiatan tawar menawar dengan para konsumennya. Proses tawar menawar kadang bisa jadi alot karena pihak konsumen yang menawar dengan tidak wajar. Lalu bagaimana cara menghadapi konsumen yang menawar harga rendah?

Membahas mengenai cara menghadapi konsumen yang menawar harga rendah, memang dapat membuat pengusaha merasa kesal. Namun ini adalah hal yang wajar ketika kamu sebagai pengusaha tidak membuat sistem harga tetap yang mengakibatkan terjadinya negosiasi atau tawar menawar dengan konsumen. 

Sebenarnya, tidak masalah jika seorang penjual memakai sistem harga tetap atau fleksibel. Yang penting kamu sebagai penjual harus mampu mengatasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

Ketika kamu menghadapi konsumen yang menawar harga rendah lebih baik atasi dengan kepala dingin. Tidak semua konsumen yang seperti ini memiliki niatan buruk, namun mereka hanya mencoba mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga semurah mungkin.

Kejadian seperti ini memang hal yang wajar dan bisa terjadi dimanapun dalam negosiasi. Sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini untuk menghadapinya.

1. Beli Saat Itu Juga
Sebelum terapin diskon kamu, pastikan harganya masih buat kamu untung, dan kasih syarat kalau mau diskon harus beli saat itu juga, berikan batas waktu pembelian.

2. Tunai
Ada juga yang udah minta diskon, nawar banyak banget, eh minta nyicil lagi… kalau kamu punya sistem cicilan paksa mereka untuk harus tunai, seenggaknya ada keuntungan buat kamu.

3. Minta Rekomendasi
Cara ini juga buat kamu untung, mintalah konsumen kamu untuk merekomendasikan kepada teman, kerabat, keluarga mereka, konsumen dapat diskon, kamu juga dapat untung.

4. Beli Banyak
Ini cara yang banyak dipakai, berkan syarat kepada konsumen kamu diskon diberikan hanya jika jumlah pembelian tertentu, pastikan kamu masih untung.

Satu hal yang harus kamu pahami jika harga setelah diskon harus mampu memberi keuntungan untuk kamu. Hal ini karena strategi Diskon tak hanya berarti menjual dengan harga murah yang akhirnya menyebabkan kerugian. Namun strategi ini lebih kearah memberi pengetahuan pada konsumen, jika produk kamu sedang dijual lebih murah dari yang lainnya.

Pesan Ini dipersembahkan oleh,
Muslim Entrepreneur University melalui Agen Usamah Khalid

0 Response to "Gimana Ya Kalau Konsumen Minta Diskon?"

Posting Komentar