Tips Mendapatkan Pelanggan Setia Untuk Bisnis Anda

Salah satu tujuan akhir dari semua bisnis yang ada saat ini tentunya adalah mendapatkan pelanggan setia atas produk atau jasa yang Anda jual.


Setiap pelanggan setia yang akan terus menerus membeli produk atau jasa yang dijual dari bisnis Anda. inilah yang akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi keberlangsungan sebuah bisnis.


Namun, tentunya memiliki seorang pelanggan setia tidaklah mudah ditengah persaingan bisnis yang sangat ketat sekarang ini.


Untuk lebih memaksimalkan potensi akan pelanggan Anda, berikut adalah tips yang harus Anda baca agar konsumen saat ini bisa sesegera mungkin berubah menjadi pelanggan bagi Anda:



1. Memperlakukan Setiap Pelanggan Dengan Baik


Salah satu tips mendapatkan pelanggan setia adalah dengan memperlakukan setiap pelanggan dengan baik.


Setiap orang akan menjadi sangat senang apabila mereka merasa diperhatikan dan dianggap penting bagi Anda. Jika Anda menjalankan bisnis online, mulailah dengan menanyakan pendapat konsumen akan produk yang dibeli.


Hubungi konsumen, baik melalui sosial media ataupun aplikasi chatting yang dapat menghubungkan Anda dengan para konsumen.


Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan diperhatikan. Setelah itu, pastikan setiap pendapat yang diberikan oleh konsumen kemudian Anda jadikan bahan perbaikan guna meningkatkan kualitas dari bisnis.



2. Mengantisipasi Kebutuhan Mereka


Satu hal yang menjadi kunci utama dalam kesuksesan sebuah bisnis adalah dimana barang atau jasa yang dijual haruslah sesuai dengan kebutuhan konsumen.


Contoh: jika target audiens Anda merupakan professional muda yang secara tingkat produktifitas sangatlah tinggi, dan Anda merupakan seorang pebisnis yang bergerak di bidang gadget maka Anda harus memastikan bahwa gadget yang dijual dapat menunjang kebutuhan produktifitas mereka.



3. Kenali Sejarah Mereka


Sebelum Anda menjual suatu produk atau jasa, pastikan Anda telah mengetahui apa yang sudah dimiliki dan menjadi minat dari calon konsumen Anda.


Dengan mengetahui hal ini akan membuat Anda mengerti karakter dari calon konsumen yang sesungguhnya. Anda harus mengerti karakter dari calon konsumen ini, guna mengembangkan produk atau jasa yang dijual menjadi lebih baik lagi.



4. Berikan Hadiah


Semua orang menyukai hadiah, termasuk diri Anda –kan? Untuk memiliki pelanggan setia, berikanlah hadiah atau penghargaan untuk setiap konsumen yang telah membeli dari Anda.


Contoh: Apabila bisnis Anda bergerak di bidang gadget, maka Anda dapat memberikan layanan servis gratis bagi setiap konsumen yang telah membeli gadget dari Anda, atau mungkin sekedar aksesoris gratis untuk setiap gadget yang dibeli.


Dengan hadiah yang diberikan ini akan memastikan mereka untuk tetap menjadi pelanggan setia bagi Anda.



5. Teruslah Berinovasi


Beberapa bisnis yang telah sukses hari ini merupakan sebuah bisnis yang terus-menerus melakukan inovasi akan bisnisnya. Contoh: Pernahkah Anda mendengar tentang Warunk Upnormal?


Sebuah tempat makan yang saat ini ramai dikunjungi ini terus memberikan inovasi menu-menu baru hampir di setiap bulan. Inovasi menu ini yang kemudian membuat para pelanggan tidak pernah bosan untuk berkunjung.


Cobalah untuk menambahkan setiap produk baru setiap bulannya. Dengan memiliki variasi barang yang lebih banyak dibandingkan outlet lainnya akan menjadi nilai plus bagi bisnis Anda.



6. Teruslah Membuat Konsumen Ingat Kepada Bisnis Anda


Di tengah perkembangan teknologi sekarang ini, akan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah membuat konsumen untuk selalu ingat akan bisnis Anda.


Manfaatkan sosial media. Anda dapat membuat akun sosial media berupa Facebook, Instagram, atau sosial media lainnya yang dapat membuat Anda tetap terhubung dengan para konsumen.


Kirimkan konten secara rutin; baik mingguan atau bulanan kepada konsumen.


Setiap konten yang dikirimkan ini akan membuat konsumen selalu ingat akan merek atau bisnis Anda, sehingga disaat mereka membutuhkannya mereka akan mencari Anda untuk mendapatkan produk atau jasa tersebut.


[2:54:41 PM]

:
Dengan hubungan yang dekat ini, akan memudahkan konsumen menyampaikan keinginan dan kebutuhannya yang dapat Anda tindak lanjuti dengan cepat.



Nah, itulah beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis online Anda memiliki pelanggan setia.


dipersembahkan oleh Muslim Entrepreneur University


---